PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Pelaksanaan Praktek Kerja Iindustri (
PRAKERIN ) sebagai perwujudan kebijaksanaan dari “ LINK AND MATCH “ dalam
prosesnya dilaksanakan pada dua tempat yaitu di sekolah dan di dunia usaha /
industri, upaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu tamatan Sekolah
Menengah Kejuruan ( SMK ) dalam mencapai tujuan revansi pendidikan dengan
tuntunan kerja.
Harapan utama dari kegiatan
penyelengggaraan praktek di dunia usaha / industri, siswa akan memiliki ethos
kerja yang meliputi kemampuan kerja, motivasi, kreatifitas, hasil pekerjaan
yang berkualitas, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.
Untuk mengetahui perkembangan dan
kegiatan siswa maka dibuatlah laporan kegiatan siswa selama Praktek Kerja
Industri ( PRAKERIN ) , disamping itu agar bisa membedakan antarab lingkungan
sekolah dengan lingkungan di dunia usaha / industri.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
1.
Apa
yang dimaksud dengan pelayanan prima ?
2.
Apa
yang dimaksud dengan prinsip mengenal nasabah ?
3.
Apa
yang dimaksud dengan Nasabah ?
4.
Apa
yang dimaksud dengan Bank ?
1
1.3 DASAR HUKUM
Melihat kenyataan diatas,
DIKMENJUR menetapkan strategi operasional yang berdasarkan pada kebijakan “
LINK AND MATCH “ ( Kesesuaian dan kesepakatan ). Departemen Pendidikan dan
kebudayaan dalam model penyelenggaraan pendidikan sistem ganda, pelaksanaannya
sesuai dengan pendidikan nasional Peraturan Pemerintah ( PP ) no.20 Tahun 1990
tentang pendidikan menengah, PP No. 39 Tahun 1992 tentang pendidikan nasional
kemendikbud no. 080 / v / 1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan SMK dan
kepmepmendikbud No.080 / V / 1993 tentang kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK )
1.4 TUJUAN PRAKERIN
Tujuan Praktek Kerja Industri (
prakerin ) adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai
bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program study yang
dipilihnya.
2.
Menumbuhkan
kebanggaan dan memantapkan sikap propesional yang diperlukan siswa untuk
memasuki lapangan kerja nsesuai dengan bidangnya.
3.
Meningkatkan
pengenalan siswa pada aspek – aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja
4.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk memasyarakatkan diri pada suasana lingkungan
kerja yang sebenarnya.
5.
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan
kesekolahan dan sebaliknya.
6.
Memperoleh,
dan mengembangkan kesesuaian pendidikan
2
1.5MANFAAT PRAKERIN
a.
Manfaat bagi siswa
ü Dapat mengetahui situasi dunia kerja yang
sesungguhnya.
ü Bisa menerapkan ilmu yang didapat dari
sekolah di dunia nyata.
ü Mendapatkan pengalaman yang sangat
berharga.
ü Melatih siswa menjadi pribadi yang mandiri.
b.
Manfaat bagi sekolah
ü Terwujudnya kurikulum dan visi misi Sekolah
Menengah kejuruan.
ü Adanya kerjasama yang menguntungkan antara
pihak sekolah dan pihak Dunia Usaha.
ü Terwujudnya kebijakan “ LINK AND MATCH “
c.
Manfaat bgi DU / DI
ü Terbantunya beban kerja di lingkungan
perusahaan.
1.6TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
PRAKERIN
1.
Sebagai
bukti penulis telah melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN )
2.
Sebagai
dokumen
3.
Sebagai
pengetahuan antar teori dan prakte
3
1 komentar:
Makasih ya Contoh BAB Pendahuluan Laporan Prakerin nya.
Posting Komentar